Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok adalah benda yang dihisap dan mengakibatkan berbagai macam bahaya. Baik kesehatan dan juga lingkungan, rokok adalah benda yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Lalu bagaimana hingga saat ini rokok masih saja dikonsumsi dan bahkan harganya sangat mahal?

Rasa candu adalah penyebab aturan dilarang merokok dari Gosign.co.id seperti tidak dihiraukan. Bagi perokok aktif dan pasif semuanya akan terkena dampak berbahaya yang sama besarnya. Apalagi jika ibu hamil yang melakukannya. Bukan hanya diri sendiri yang terkena dampaknya tetapi juga janin yang sedang dikandung.

4 Macam-Macam Bahaya Merokok untuk Ibu Hamil

Bahayanya Ibu Hamil yang Merokok

Alasan utama ibu hamil dilarang merokok adalah masalah kesehatan. Baik ibu dan juga janin akan terkena dampaknya. Bagi wanita yang saat ini gemar merokok, sebaiknya berhentilah dari sekarang. Rokok mengandung berbagai bahan kimia berbahaya seperti nikotin, karbon monoksida, dan juga tar. Bagi orang biasa saja berbahaya apalagi bagi ibu hamil.

Ada beberapa resiko yang akan dirasakan oleh ibu hamil apabila tidak menghiraukan aturan dilarang merokok. Berikut ini beberapa bahayanya.

1. Kehamilan ektopik

Nikotin dalam rokok akan menimbulkan kontraksi pada saluran tuba. Efek yang ditimbulkan adalah mencegah embrio untuk lewat. Akibatnya adalah kehamilan ektopik, karena sel telur yang dibuahi ditanam di luar rahim. Masalah ini membuat embrio harus diangkat karena bisa menimbulkan komplikasi dan mengancam ibu hamil.

2. Kelahiran prematur

Ibu hamil yang merokok juga dapat mengalami kelahiran prematur. Artinya bayi akan lahir sebelum waktunya dan itu jauh dari waktu yang telah diprediksi atau normalnya. Akhirnya bayi yang lahir bisa mengalami cacat mental dan fisik.

3. Berat badan bayi lahir terlalu rendah

Bayi mungkin saja lahir di waktu yang tepat, tetapi tidak jarang untuk memiliki berat badan yang terlalu rendah. Artinya bayi berukuran sangat kecil dan akan menimbulkan masalah kesehatan bahkan cacat bawaan lahir.

4. Keguguran

Bahan kimia dalam rokok menjadi penyebab utama ibu hamil keguguran baik di usia hamil tua atau muda. Bahkan ada juga kasus kelahiran mati, artinya bayi tetap dilahirkan tetapi dalam keadaan mati.