Tirai adalah salah satu bagian dari dalam ruangan yang terdiri dari berbagai jenis dan bahan, salah satunya adalah window blinds. Window blinds sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti roller blind, roman blinds, wooden blinds, dll. Saat ini window blinds lebih banyak dipilih untuk ruangan, karena memberikan banyak fungsi khususnya untuk memperindah ruangan.

Jenis Window Blinds

Fungsinya tak hanya untuk menutup jendela sehingga sinar matahari tidak serta merta masuk dan menyinari ruangan. Karena banyak jenis dari window blinds sendiri, membuat pemilik rumah memanfaatkannya juga sebagai elemen dekorasi. Jenis tirai ini cocok untuk digunakan pada berbagai desain ruangan, khususnya saat ini yang sedang trend adalah desain minimalis.

Macam-Macam Window Blinds untuk Memperindah Ruangan

Tidak salah jika Anda memilih window blinds untuk mempercantik ruangan. Ada begitu banyak jenis yang bisa dipilih, bahkan Anda bisa mengatur banyaknya cahaya matahari dengan tirai ini. Soal ukuran jangan bingung, roller blind dan jenis yang lainnya dapat dipesan sesuai dengan ukuran jendela yang dimiliki. Jadi berapapun ukurannya, window blinds dapat dibuat.

Berikut ini beberapa pilihan window blinds yang bisa Anda pilih dengan tujuan memperindah ruangan.

  • Roller blind

Roller blind

Dari tadi telah disebutkan tentang jenis ini, yaitu window blinds yang dapat digulung atau ke atas sesuai dengan pilihan. Ada dua fungsi yang bisa didapatkan, pertama untuk menambah estetika baik indoor atau outdoor. Kedua adalah bukan sekedar mengatur jumlah cahaya yang masuk tetapi juga bisa menahan angin. Jadi jika Anda memiliki gazebo di rumah bisa menggunakan roller window blinds sebagai dinding.

  • RomanĀ  Blinds

Satu lagi yang banyak digunakan untuk memberikan kesan klasik. Tipe ini akan digulung ke atas tetapi membentuk lipatan dan bukan gulungan. Kesan klasik akan didapatkan dan sebagian besar material yang digunakan adalah kain kanvas yang tebal. Sama seperti roller blind, roman blinds juga bisa digunakan sebagai penahan angin.

  • Panel Blinds

Jika dua tipe sebelumnya adalah tirai yang dapat digulung, maka berbeda dengan panel blinds. Jenis ini dibuka dengan cara ke kanan atau ke kiri dan bentuknya adalah panel. Tipe ini biasanya digunakan untuk jendela rumah yang berukuran sangat besar, bahkan bisa juga dimanfaatkan sebagai pembatas ruangan. Karena fungsinya yang praktis ini, sering digunakan pada hunian apartemen.

  • Wooden Blinds

Bagi Anda yang suka dengan tema-tema klasik bisa memilih jenis ini. Terbuat dari bahan kayu yang tipis serta ringan berbentuk slat. Kemudian disusun secara vertikal dan penggunaannya dapat digulung atau ditarik ke atas. Karena terbuat dari kayu jenis blinds ini hanya bisa digunakan dalam ruangan saja. Kesan natural, klasik dan hangat akan Anda dapatkan jika memilih wooden blinds.

  • Sheer blinds

Jenis ini adalah yang paling baru karena strukturnya adalah tiga dimensi. Fungsinya adalah untuk melindungi ruangan dari paparan sinar UV. Terdapat dua lapisan blinds yaitu luar dan dalam dan ditengahnya terdapat strip berbentuk horizontal yang akan menyerap sinar UV. Dengan begitu Anda bisa mengontrol sejauh mana sinar matahari akan masuk. Khusus blinds ini, ada tiga tipe yaitu solar screen, black out serta dim out.

Jadi, jenis window blind manakah yang akan Anda pilih untuk memperindah ruangan? Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri yang bisa Anda manfaatkan. Jangan lupa juga sesuaikan biaya pembeliannya dengan tipe yang hendak dipilih.