Memilih penyedia jasa kontraktor bangunan itu gampang-gampang sulit. Terkadang ada kontrktor yang memiliki harga mahal namun kualitasnya masih kurang sesuai dengan keinginan anda sebagai pemilik bangunan. Berikut ini kami sampaikan 5 langkah dalam memilih kontraktor dengan benar.

5 Langkah Memilih Kontraktor Dengan Benar

  1. Berlisensi

Pastikan kontraktor yang ingin anda sewa adalah kontraktor yang berlisensi, sehingga anda akan mendapatkan hasil bangunan yang benar-benar sesuai dengan keinginan anda. Pastikan bahwa kontraktor tersebut memilki lisensi. Biasanya masa berlaku lisensi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan kontraktor berkisar antara 2 hingga 3 tahun saja.

  1. Tertanggung

Sebagian penyedia jasa kontraktor ada yang menggunakan asuransi sehingga asuransi akan membayarkan biaya ganti rugi sesuai dengan ketentuan yang ada. Salah satu contohnya adalah saat jasa kontraktor memotong pohon yang kemudian jatuh menimpa rumah yang anda renovasi, maka asuransi akan membayarkan besar kerugian yang anda tanggung akibat dari kecelakaan tersebut.

  1. Memiliki perjanjian jika pekerjaan dipindah tangankan

Sebagai pemilik bangunan, pastinya anda menginginkan bahwa kontraktor bisa menyelesaikan pekerjaan mereka sesuai dengan termin yang ditetapkan. Namun terkadang ada kontraktor yang mengalihkan pekerjaan mereka kepada kontraktor lainnya. Saat peralihan pekerjaan, sebagai pemilik rumah anda tidak lagi memiliki kewajiban untuk membayar jasa kontraktor yang berikutnya, karena anda dan kontraktor sebelumnya telah terikat perjanjian, dan kontraktor sebelumnyalah yang berkewajiban untuk membayar kepada kontraktor yang mengerjakan pekerjaan tersebut.

  1. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja dalam dunia kontraktor adalah salah satu hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum anda memilih jasa kontraktor bangunan.

  1. Referensi

Mungkin anda memiliki kerabat maupun keluarga yang pernah menggunakan jasa kontraktor. Ada baiknya anda bisa mencari referensi dari mereka mengenai kontraktor tersebut, terkait kelayakan, hasil kerja, waktu penyelesaian pekerjaan dan biaya yang dihabiskan.

Demikianlah 5 langkah untuk memilih kontraktor bangunan dengan baik dan benar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *