cara-memilih-kursi-kantor-dan-bagaimana-posisi-duduk-yang-benar

Rutinitas pekerjaan membuat seseorang lebih lama mengabiskan waktunya berada di kantor. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi produktifitas pekerjaan adalah kenyamanan. Memilih desain interior dan perabotan yang tepat bagi para pekerja kantor adalah hal wajib untuk dilakukan pihak perusahaan.

Mengenai peralatan kantor, bagian yang paling penting diantaranya adalah kursi. Ada bermacam – macam jenis kursi yang bisa dipilih. ┬áMulai dari harga kursi kantor murah hingga mahal. Lalu bagaimana cara memilihnya yang tepat?

Sebelum memilih kursi untuk kantor yang pas, sebaiknya perhatikan tipe dan karakteristiknya. Sebaiknya sesuaikan dengan dan yang dialokasikan. Setelah mengetahui hal tersebut, anda bisa leluasa memutuskan kursi apa yang cocok digunakan.

 

Tips Penting Memilih Kursi Kantor

Berikut ini ada beberapa tips penting saat memilih kursi untuk kantor, ulasannya sebagai berikut :

  1. Menyesuaikan kursi dengan ukuran tubuh

Untuk mengetahuinya, anda bisa mencoba dengan cara mendudukinya terlebih dahulu. Kursi untuk kantor yang baik memiliki jarak sekitar 35 cm dari sisi kanan kiri anda. Tak hanya itu saja, bantalan tempat duduk juga harus berjarak tiga centimeter dari lipatan lutut kaki. Apabila jarak terlalu jauh atau terlalu dekat, bisa mengganggu pergerakan di sekitar lutut.

  1. Sesuaikan dengan tinggi badan

Setelah merasa cocok dengan ukuran kursi tersebut, selanjutnya adalah melihat apakah juga cocok dengan tinggi badan atau tidak. Cara memastikannya dengan berdiri dan periksa bantalan pada kursi tersebut, apakah letak nya tepat lurus dengan bagian lutut atau tidak. Jika sudah mengetahui, pastikan kalau kursi tersebut bisa diatur tinggi rendahnya.

  1. Memilih kursi dengan dudukan yang ideal

Perhatikan dudukan kursi yang akan dipilih. Kursi kantor yang ideal adalah kursi yang memiliki bantalan duduk yang empuk. Sudut kemiringan bantal sekitar 20-30 derajat. Hal itu agar membuat posisi tulang belakang anda tetap baik.

  1. Memilih kursi dengan sandaran yang dapat diatur

Tidak hanya tinggi kursi saja yang diperhatikan. Tapi tinggi sandaran pada kursi juga perlu. Sebaiknya anda memilih kursi dengan sandaran yang dapat diatur sesuai dengan tingginya pundak. Hal itu dilakukan untuk menghindari nyeri atau pegal di pundak dan tulang belakang.

  1. Memilih kursi dengan sandaran kepala

Menentukan kursi yang memiliki sandaran kepala tentu juga dapat membuat postur tubuh lebih baik. Sebab sandaran ini bisa membuat kepala dan leher sejajar. Hal ini bisa menghindari anda dari nyeri otot leher.

 

Memperbaiki Posisi Duduk

Kalau anda sudah mendapatkan kursi untuk kantor yang sesuai, selanjutnya adalah memperbaiki posisi duduk. Walaupun sudah menggunakan kursi yang ideal, tetapi akan sia-sia jika salah dalam memperhatikan posisi duduk selama bekerja seharian di kantor. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa cara untuk memperbaiki posisi duduk anda :

  • Duduk dengan tegak
  • Mengatur posisi kepala
  • Sejajarkan pandangan ke depan layar komputer
  • Kaki tidak menggantung

Itulah beberapa tips dalam memilih kursi untuk kantor yang baik dan bagaimana cara memperbaiki posisi duduk. Sekarang ini sudah banyak toko online yang menyediakan furniture kantor, salah satunya adalah Mejakursikantor.co.id. Situs tersebut menjual mabel kantor dengan kualitas tinggi serta harga bersahabat. Jadi, jika anda ingin mencarinya bisa langsung mengunjungi website resminya di http://mejakursikantor.co.id/.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *