Hadir sebagai penerus Snapdragon 855 dan Snapdragon 855+, Qualcomm menghadirkan Snapdragon 865 yang digadang-gadang sebagai chipset paling powerful saat ini. Fitur unggulan yang dibenamkan di dalamnya, diprediksi mampu menjadi tren di ponsel-ponsel premium yang akan hadir di tahun 2020.

System on a chip (SoC) ini memang sarat dengan fitur unggulan, terutama yang berkaitan dengan multimedia seperti kamera dan perekaman video. Prosesor ini juga disiapkan untuk jaringan 5G yang sudah gencar diuji coba di beberapa negara, termasuk Indonesia meskipun untuk Indonesia jaringan ini belum akan diimplementasikan dalam waktu dekat karena berbagai hal yang belum siap.

Performa Handal

Ini Dia Fitur Andalan Snapdragon 865, Prosesor Terbaru Paling Powerful Dari Qualcomm

Terlepas dari kesiapan Snapdragon 865 untuk jaringan 5G namun belum akan diimplementasikan di Indonesia dalam waktu dekat, ponsel-ponsel yang akan menggunakan prosesor ini dipastikan bakal tetap hadir di Indonesia dan kemungkinan besar akan jadi tren baru, serta akan menjadi hp legendaris untuk masa depan. Bagaimana tidak, Anda akan dibuat kagum dengan performa yang dibawa oleh Snapdragon 865 ini. Ponsel yang dipersenjatai dengan prosesor canggih ini akan mampu menjalankan tugas-tugas berat dengan sangat mudah dan cepat.

Berikut fitur-fitur unggulan dari prosesor terbaru Snapdragon 865 :

1. Mendukung 5G

Qualcomm memastikan bahwa prosesor terbarunya ini sudah mendukung jaringan 5G, meskipun nantinya tetap bisa digunakan untuk jaringan 4G dan 5G. Hal ini membuat ponsel yang sudah menggunakan chip ini akan bisa berjalan saat berada di jaringan 5G namun saat berada di jaringan 4G juga tetap bisa digunakan.

2. Performa Tinggi

Snapdragon 865 ini tentu saja memiliki performa yang lebih tinggi dari, yakni meningkat 25% baik untuk CPU maupun GPU dibanding pendahulunya. Hal paling signifikan yang bisa dirasakan tentunya saat digunakan untuk bermain game. Prosesor ini bisa mendukung layar 144Hz sehingga bermain game pasti jadi pengalaman baru yang menakjubkan. Game berat dengan performa tinggi tetap bisa dimainkan dengan lancar namun suhu ponsel tetap bisa terjaga rendah. Dengan fitur Game Color Plus, kualitas game akan meningkat meskipun developer game tidak mengupdate game yang bersangkutan.

3. ISP Baru

Bisa dipastikan tren ponsel tahun depan akan memiliki multi kamera, baik kamera depan maupunĀ  belakang. Prosesor Snapdragon 865 ini sudah dibekali dengan Image Signal Processor (ISP) atau pengolah gambar yang baru, yakni Spectra 480 dimana keunggulan utamanya adalah memungkinkan ponsel menggunakan sensor kamera dengan resolusi hingga 200 MP. Selain itu, Spectra 480 juga mampu mengambil data dari sejumlah sensor kamera sekaligus dalam waktu yang cepat sehingga tentunya bisa menghasilkan fitur foto juga video multi kamera.

Dengan ISP baru ini ponsel nantinya bisa digunakan untuk merekam video 8K dimana ini akan menjadi yang pertama bisa dilakukan di ponsel. Sedangkan untuk kualitas 4K yang saat ini sudah banyak diadopsi di ponsel premium, nantinya bisa direkam dengan frame rate hingga 120 fps, atau slow motion 4x.

4. Kecerdasan Buatan

Qualcomm meningkatkan performa prosesor AI dan optimasi neural network pada Snapdragon 865 sehingga performa pengolahan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) meningkat drastis. Hal ini membuat ponsel bisa melakukan pengenalan wajah dan suara, jauh lebih cepat dan lebih kencang. Selain itu AI juga berguna untuk mengolah gambar 2D dan 3D sekaligus bisa terhubung dengan prosesor Spectra untuk pengolahan foto dan video.

5. Sensor Sidik Jari

Dengan prosesor baru ini, ponsel bisa mengaplikasikan teknologi 3D Sonic Max yang bisa meningkatkan performa pengenalan sidik jari melalui sensor yang berada di bagian bawah layar secara drastis. Wilayah pemindaian yang bisa didukung lebih luas, yakni 17x lebih besar, lebih cepat dan tentunya lebih handal.