kenapa-pekerjaan-injeksi-beton-dibutuhkan

Sebuah beton dalam keseluruhan konstruksi gedung adalah unsur penting yang wajib diperhatikan baik dari segi pembentukan maupun perawatannya. Secara garis besar bagian bangunan ini dibuat menggunakan dua cara yakni, adukan manual dan ready mix.

Perbedaan antara kedua cara ini hanya terletak pada cara mendapatkan adukan beton. Dengan cara manual maka adukan beton didapatkan dari hasil kerja para tukang yang membuat campuran beton saat sedang dibutuhkan. Sedangkan untuk ready mix pekerja tidak perlu membuatnya sendiri. Biasanya pihak kontraktor mendapatkan beton ready mix dari sebuah perusahaan konstruksi beton.

Dari segi kualitas boleh dibilang pembentukan beton dari adukan manual tergolong tidak terjamin. Sebab antara adukan pertama dan berikutnya bisa terjadi perbedaan takaran. Oleh sebab itu tak jarang bangunan dengan struktur beton yang dibuat dengan cara ini lebih cepat mengalami kerusakan hinga mengakibatkan berbagai permasalahan.

 

Latar Belakang Dibutuhkanya Pekerjaan Injeksi Beton

Dari serangkaian masalah yang ada akibat kerusakan beton biasanya rembesan air jadi yang paling sering terjadi. Retakan dan celah – celah di dalam beton rusak akan menjadi jalan bagi air untuk tembus melawati struktur beton. Apalagi jika beton tersebut terdapat pada bagian dak atap dan bak air.

Retakan itu sendiri terjadi karena ikatan antara partikel penyusun beton tidak cukup baik dalam mendistribusikan beban. Akibatnya antara bagian yang satu dan lainnya perlahan – lahan terpisah. Retakan pada beton hanya masalah awal. Jika dibiarkan bisa – bisa ada bagian beton yang ambruk. Oleh sebab itu retakan dan celah pada beton harus segera diatasi.

Dari situlah perjaan injeksi beton menjadi sangat dibutuhkan. Pasalnya hanya dengan cara ini kondisi beton bisa padat lagi dan ikatan antar unsur penyusun beton pun kembali kuat. Pada dasarnya pekerjaan ini dilakukan dengan menginjeksi beton cair hingga celah terdalam retakan. Bahkan rongga – rongga yang sebelumnya sudah ada sejak beton pertama kali dibentuk juga bisa tertutup. Alhasil air pun tak mampus menembus hingga ke dalam struktur beton.

Di samping itu karena beton dari hasil adukan manual hanya memiliki kualitas rata – rata maka jika diberikan beton tambahan dengan cara diinjeksi memungkinkan kualitasnya menjadi lebih baik lagi. Namun perlu diketahui bahwa metode injeksi beton hanya bisa diterapkan bila sudah terjadi retakan pada permukaan beton. Hal ini dikarenakan maksud dari pekerjaan tersebut merupakan tindakan perbaikan.

Jadi ketika beton bangunan anda masih tampak bagus dan belum ada retakan sehelai rambut pun metode tersebut belum diperlukan. Bila ternyata pada beton yang masih nampak bagus tersebut juga terjadi rembesan air maka cobalah aplikasikan lapisan waterproofing. Pembuatan lapisan ini terbagi dari beberapa teknik. Salah satunya bisa anda temukan dari jasa waterproofing membrane bakar. Teknik pembuatan lapisan kedap air ini paling cocok bila diterapkan pada dak beton atap bangunan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *