Ruang terbuka muda atau lebih sering disingkat dengan RTH bukan lagi istilah asing di telinga kita. Biasanya masalah RTH ini berkaitan erat dengan pembangunan sebuah kota. Bahwasannya dalam perencanaan sebuah metropolitan yang baik, 30 % diantaranya harus merupakan kawasan RTH. Ingin tau kian jauh apa itu RTH? Simak penjelasannya ya!

Ulasan Ruang Terbuka Hijau

Lapangan terbuka hijau atau RTH merupakan sebuah tempat daerah memanjang yang bersifat terbuka dan di sana ditumbuhi berbagai tanaman maupun pohon-pohon rindang. Itulah mengapa istilah ruang terbuka atau RTH muncul. Biasanya tempat itu berupa taman yang terletak di tengah kota.

Ruang Terbuka Hijau

Kawasan RTH ini memang diciptakan khusus untuk masyarakat yang ingin menghabiskan waktu diruang terbuka, dengan suasana dunia yang hijau dan sejuk. Akan banyak dekorasi taman yang dapat ditemukan dalam sana, seperti bunga-bunga yang telah dirawat, lampu taman, kursi taman, maupun slogan-slogan.

Nah, ada yang beda nih dari slogan-slogan yang biasa ditempel di kian. Kini slogan dilarang merokok bahasa Mandarin menjadi naik daun dan menarik perhatian masyarakat. Beberapa slogan ini ditempel maupun dipasang pada beberapa bagian RTH yang penuh dilewati pengunjung.

4 Fungsi Ruang Terbuka Hijau

Sudah tahu apa aja fungsi dari RTH itu? Dan mengapa setiap metropolitan harus memiliki RTH sungguh? Nah, simak penjelasan singkatnya di bawah ini:

1. Fungsi ekologis, yaitu RTH didirikan sebagai penunjang paru-paru kota. Penghasil oksigen dengan perantara banyak tanamannya, sehingga dalam tengah kota yang padat masyarakat masih bisa menikmati suasa alam.

2. Fungsi Sosbud, yaitu menggbarkan ciri khas dan keunikan suatu daerah dengan adanya berbagai dekorasi taman, contohnya sebagaimana slogan dilarang merokok norma Mandarin. Contoh lainnya mangga kunjungi website ini.

3. Fungsi Ekonomi, bahwa RTH ini dapat dijadikan satu buah tempat untuk melakukan kulak para pengusaha pertanian maupun perkebunan.

4. Fungsi estetika, yaitu sebagai sebuah perlengkapan yang harus ada dalam kota untuk bentuk penyeimbangan dan keserasian daerah perkotaan. Selain itu dengan memilikinya RTH ini kota pun akan menjadi lebih indah.

Begitulah penjelasan singkat mengenai apa itu ruang muda terbuka serta apa aja fungsinya. Semoga informasi itu bermanfaat!