Era digital sebagai mengembangkan sayap generasi selanjutnya untuk memulai bisnis dengan cara sekarang. Tapi di sisi lain, era digital menjadi dua sisi pisau. Ada beberapa kelompok yang merasa dirugikan oleh ketidakmampuan mereka untuk mengikuti kemajuan teknologi dan industri yang sudah dikemas dalam bentuk digitalisasi. Sebagai contoh, munculnya pasar secara online benar-benar bisa membantu promosi untuk menarik konsumen dengan lebih dari sekedar membuka galeri offline. Katakanlah toko fashion, makeup, buku, elektronik, barang-barang rumah tangga, memancing dan sebagainya.

The millenials tech-savvy merasakan era digitalisasi membawa peluang yang lebih besar untuk bisnis mereka. Mereka mengambil keuntungan dari keberadaan media sosial dan situs web yang dicintai oleh konsumen mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa. Dengan mengoptimalkan konten website dan media sosial pemasaran menggunakan teknik SEO, dari keuntungan yang diraih bahkan lebih. Bahkan mereka tidak perlu repot lagi karena banyak yang menawarkan kualitas layanan seo murah.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah taktik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke halaman sehingga halaman muncul di daftar teratas pencarian Google. SEO biasanya digunakan untuk mengembangkan sebuah website atau blog. Hal ini tentu membawa lebih banyak manfaat kepada pasar atau mencoba untuk menarik calon konsumen sebagai sarana pemasaran online. Karena berdasarkan survei, 61% konsumen mencari tahu terlebih dahulu produk yang mereka ingin membeli melalui internet sebelum mereka memutuskan untuk benar-benar membawa produk ini. Selain menggaet pelanggan potensial, jasa SEO taktik membawa manfaat lain untuk usaha kecil seperti pemasaran merek dan pengurangan biaya operasional.

Manfaat SEO untuk Bisnis Kecil

1. Membangun Dan Merek Pasar

Jika cara konvensional, Anda harus memasarkan produk Anda dari mulut ke mulut, iklan di billboard atau selebaran, maka kehadiran media sosial, blog dan website menggabungkan taktik SEO, Anda akan berjuang selangkah lebih ringan dan lebih dekat. Anda hanya membuat account di media sosial dan menciptakan konten yang menarik tentang produk Anda. Pastikan konten Anda baik visual dan verbal mampu menarik perhatian konsumen.

2. Membuka Peluang Pasar Dalam lokal Dan global

Dengan SEO yang berarti bahwa produk yang Anda berhasil muncul ketika seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari Google. Artinya, calon pelanggan Anda sudah menyebar secara global. Tentu saja ini adalah berdampa positif untuk meningkatkan pemasaran produk Anda.

3. Biaya Efektivitas

Selain itu Anda dapat menghemat biaya pencetakan brosur, billboard dan dibayar tim pemasaran iklan pergi ke lapangan, SEO menawarkan cara mudah yang dapat Anda meminimalkan biaya operasi Anda. Anda hanya perlu memastikan bahwa administrator mengurus akun media sosial dari produk yang Anda tawarkan.

4. Reciprocal Customer Response

Melalui taktik SEO halaman web yang sudah disediakan, produk konsumen yang dapat Anda lakukan hubungan timbal balik dengan memberikan berbagi pengalaman mereka setelah menggunakan produk Anda, pertanyaan konsultasai dan saran untuk produk berikutnya. Dengan demikian Anda dapat memantau pelanggan loyalitas Anda dan mencoba untuk mendapatkan pelanggan setia Anda tidak hilang.

5. Lebih Langkah Maju

Bagi Anda yang tidak menggunakan taktik SEO. Anda mungkin berada di balik merek atau pasar pesaing Anda. Tentu saja mereka sudah bisa menarik pelanggan lebih luas daripada Anda yang tidak mengambil keuntungan dari SEO. Serta lalu lintas pengunjung halaman situs web mereka jauh lebih tinggi, yang berarti bahwa produk mereka lebih terkenal dari produk Anda. Oleh karena itu, jangan malas untuk belajar tentang kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. Jika Anda memiliki kesulitan belajar taktik SEO, Anda dapat memanfaa