Mau Jadi Tour Guide Handal? Begini Caranya

Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu tour guide ​​​​​​yang kerjaannya sebagai pemandu wisata untuk para turis asing maupun mancanegara. Di zaman yang semakin canggih ini, membuat profesi tour guide semakin diminati oleh orang – orang. Apalagi sekarang semakin banyak agen pariwisata seperti sewa bus pariwisata Jakarta murah yang menawarkan promo wisata ke luar negeri maupun dalam negeri dengan budget murah. Bagi Anda yang ingin mencoba profesi tour guide sebaiknya perhatikan beberapa trik berikut ini.

Menguasai Beberapa Bahasa Asing

Syarat utama untuk menjadi seorang pemandu wisata (tour guide) adalah harus menguasai beberapa bahasa asing. Kenapa? Tentu saja karena wisatawan sebagian besar berasal dari mancanegara dengan bahasa yang berbeda – beda seperti Jepang, Korea, Amerika dan bahkan Arab. Meskipun bisa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, namun jika Anda menguasai lebih dari 1 (satu) bahasa asing bisa menjadi nilai lebih.

Memiliki Pengetahuan yang Luas

Untuk menjadi tour guide juga wajib memiliki banyak pengetahuan. Tidak hanya wawasan mengenai obyek wisata saja, namun juga pengetahuan umum yang lainnya. Karena hal ini dapat membuat para wisatawan bisa bercengkrama lebih nyaman selama berwisata jika tour guide mereka memiliki banyak bahan untuk dijadikan obrolan.

Memiliki Penampilan yang Menarik

Tidak harus tinggi, mulus atau cantik / ganteng menawan seperti model untuk menjadi seorang tour guide. Walaupun sebenarnya penampilan adalah modal supaya bisa menjadi pemandu wisata yang handal. Penampilan yang menarik tidak hanya sebatas fisik saja, akan tetapi bisa ditunjang dengan pakaian yang sopan atau modis. Bisa saja seorang tour guide mempunyai badan yang gemuk atau berkulit hitam, tetapi cara berpakaian mereka modis atau eye catching sehingga membuat para wisatawan juga senang melihatnya.

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi inspirasi Anda yang ingin mencoba profesi tour guide handal. Di kota besar seperti Jakarta, banyak agen sewa bus pariwisata Jakarta di https://www.sewabusmurah.co.id/ juga memakai jasa tour guide. Dengan mencoba profesi ini, maka secara tidak langsung juga bisa menambah jaringan pertemanan ataupun relasi.