Anekadekorasi.com – Meja dan kursi dari kayu hingga kini masih merupakan primadona untuk perabotan rumah tinggal maupun yang lainnya. Model dan jenisnya pun kini macam-macam. Tidak hanya model ukiran ala perabot raja-raja. Namun kini ada model-model minimalis, moderen dan tidak jarang bercampur dengan material lain seperti besi atau plastik. Furniture dari kayu memang selamanya menarik, dan oleh karena itu musti dijaga kelestariannya.

Meja Kursi Dari Kayu Lapis, Siapa Bilang Tidak Bakal Awet?

Kayu Lapis Lebih Ekonomis

Karena meja kursi dari kayu solid semakin lama semakin mahal, maka munculah berbagai perabot dari kayu olahan yang harganya lebih bersahabat. Tetap memiliki pesona dan keindahan kayu solid, kayu lapis ini terbuat dari beberapa kulit kayu yang direkatkan menggunakan teknik press dengan tekanan tinggi. Kayu lapis yang sering juga disebut dengan plywood atau multipleks ini merupakan jenis kayu olahan terkuat. Karena lebih ekonomis, perabot dari kayu lapis paling cocok untuk berbagai perabot kantor. Harga kursi kantor dapat lebih ditekan apabila menggunakan bahan dari kayu lapis, sehingga lebih ekonomis untuk dibeli dalam jumlah banyak sekaligus.

Meja Kursi Dari Kayu Lapis, Siapa Bilang Tidak Bakal Awet?

Agar Meja dan Kursi Kayu Lapis Lebih Tahan Lama

Memang harga kursi kantor atau perabot lain dari bahan multipleks jauh lebih terjangkau dibandingkan perabot dari kayu solid. Namun bukan berarti tidak ada penanganan khusus. Karena kayu lapis tidak sekuat kayu solid, maka memperlakukan perabot dari jenis ini juga berbeda dari kayu solid. Apa saja yang harus Anda perhatikan untuk merawat perabot dari kayu lapis?

  • Kayu lapis rentan terhadap air. Oleh karena itu sebisa mungkin jauhkan dari air. Untuk meja makan lebih baik lapisi dulu permukaannya dengan kaca atau plastik agar air tidak mengenai permukaannya secara langsung. Untuk membersihkan meja, gunakan lap kering.
  • Jangan diletakan di tempat yang terlalu panas maupun dingin, karena khawatir akan merusak kayu. Oleh karena itu, meja kursi dari bahan ini lebih cocok untuk perabot dalam ruangan, seperti di kantor. Apalagi karena harga kayu lapis cukup terjangkau maka cukup ekonomis untuk harga kursi kantor yang biasanya dibeli dalam jumlah banyak.
  • Melapisi perabot dengan obat pelapis yang mengandung linseed oil dan bresswax, untuk melindungi perabot kayu lapis dari cuaca maupun air.