Jenis Olahraga Yang Bisa Mengecilkan Perut

Memiliki perut buncit adalah hal yang tidak disukai semua orang, karena bisa membuat tidak percaya diri dengan penampilan.  Ada banyak faktor yang menyebabkan perut buncit, perubahan hormon sampai kebiasaan sehari-hari yang disadari maupun tidak disadari. Tak hanya pemilik berat badan berlebih, kamu yang memiliki berat badan ideal pun bisa mengalami perut buncit lho. Kalau sudah menumpuk lemak dalam perut bisa menimbulkan penyakit serius seperti penyakit jantung bahkan kanker.

Faktor penyebab perut buncit

1. Perubahan Hormon Dan Usia

Pria di usia 40 tahun ke atas lebih mudah mengalami perut buncit, dengan berkurangnya hormon testosteron bisa menyebabkan kalori berlebih di dalam tubuh lalu menumpuk menjadi lemak. Apabila seseorang kelebihan lemak, maka lemak tersebut akan langsung terkumpul ke bagian perut lalu menyebabkan perut buncit.

2. Kurang Tidur

Durasi tidur yang dibutuhkan orang dewasa adalah 7-9 jam. Apabila kamu kekurangan jam tidur itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan, lalu berimbas pada penumpukan lemak visceral.

4. Jarang Berolahraga

Kamu harus mengubah gaya hidup dengan rajin berolahraga jika ingin mengurangi lemak di perut. Latihan olahraga yang memadai dan disertai dengan pola makan yang sehat bisa membantu mengurangi lemak di perut.

Banyak jenis olahraga ringan yang bisa rutin dilakukan tanpa memakan waktu yang lama seperti berikut ini

Push Up

Push Up adalah olahraga ringan yang bisa mengecilkan perut, rajin melakukan push up dapat meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh, kadar testosteron dapat menjaga jumlah lemak di perut agar tidak bertambah banyak, push up juga dapat meningkatkan kekuatan otot.

Simak Juga : Celana Tak Muat Lagi? Berikut Olahraga Mengecilkan Perut Yang Efektif

Cara melakukan Push up yang benar adalah dengan posisi tubuh tengkurap dilantai, angkat tubuhmu menggunakan lengan, turunkan tubuh sampai siku lalu angkat tubuhmu dengan mendorong lantai, kemudian ulangi gerakan tersebut dengan jumlah yang maksimal.

 Sit Up

Sit Up terbukti menjadi salah satu olahraga yang ampuh untuk mengecilkan perut. Rutin melakukan Sit up dapat membakar kalori dan membentuk sel otot, selain itu sit up juga bisa memperindah bentuk perutmu lho.

Cara melakukan Sit up yang benar adalah dengan posisi berbaring lalu menekuk lutut dan kaki harus menapak di lantai, angkat badan keatas dengan tangan berada dibelakang tengkuk kepala, atur napas dan turunkan badan ke posisi semula dengan baik.

Back Up

Olahraga ini cukup efektif untuk mengecilkan perut, walaupun melakukan gerakannya sedikit sulit. Cara melakukan back up adalah dengan tengkurap menghadap lantai, lalu angkat tubuh bagian atas dan bagian bawah secara bersamaan dengan posisi tangan berada dibelakang tengkuk kepala, kaki harus tetap lurus. Kamu bisa melakukan back up dengan jumlah sedikit namun bertambah setiap harinya untuk hasil yang maksimal.

Squat Jump

Squat jump merupakan olahraga penting untuk kebugaran tubuh dan dapat memperkuat tulang belakang. Cara melakukan squat jump adalah dengan menurunkan badan selama beberapa detik lalu berdiri, dan mempercepat gerakan selama satu detik tanpa jeda.

Jalan Cepat

Olahraga ringan dan praktis ini terbukti bisa mengecilkan perut buncit, bisa kamu lakukan setiap hari. Berjalan cepat selama 20 sampai 30 menit bisa membantu tubuh agar menggunakan cadangan lemak yang berlebihan untuk mendapatkan energi.

Mengecilkan perut memang memerlukan kesabaran dan waktu, selain olahraga ringan diatas kamu juga bisa melakukan olahraga berat seperti sepak bola, basket, tenis dan lain sebagainya.