Mungkin banyak yang masih tidak mengenal apa-apa yang dimaksud dengan udara tag. Penulis hanya setimpal membuat konten, tanpa mengheningkan elemen lain pada website – website yang sebetulnya bisa menyampaikan dampak signifikan pada optimasi SEO di website itu. Bahkan, walaupun ada yang sudah mengetahui keberadaan meta tag, namun tidak menghiraukannya, karena berpikir meta tag tidaklah penting dan hanya membuat ‘ribet’.

Manfaat Meta Tag

PENATAAN META TAG

Padahal, Jasa pembuatan website SEO friendly umumnya akan menyertakan pengaturan meta tag untuk memaksimalkan konten optimasi SEO. Meta tag bisa dianggap sebagai sifat dari sebuah website yang digunakan sebagai pengenal sama mesin pencari google.

Secara meta tag yang terjumpa dalam sebuah halaman website – website, maka akan lebih barang-kali bagi google untuk mengingat keyword pada mesin pencari yang sesuai dengan keyword pada artikel di website – website Anda. Secara garis gede, meta tag memiliki dua buah fungsi:

1. Memunggungi bagi google search engine untuk dapat memahami dengan lebih detail mengenai apa-apa yang terdapat dalam konten Anda.

2. Bagi pengguna internet adalah untuk memikat perhatian dengan cara menyampaikan gambaran kesesuaian antara konten yang terdapat pada website – website Anda dengan informasi yang mereka butuhkan.

Anda siap memasukkan meta tag sebanyak satu atau lebih pada website Anda. Setiap website – website memiliki pengaturan meta tag yang berbeda satu tentu lain. Misalnya pengaturan meta tag pada blogger hendak berbeda pada pengaturan meta tag pada wordpress. Kamu dapat berkonsultasi pada penyedia jasa pembuatan website hal website yang paling tepat untuk Anda pilih pantas kebutuhan Anda.

Pengaturan Meta Tag Pada WordPress

Untuk pengaturan meta tag pada wordpress, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan plugin pada website Anda. Salah satunya adalah plugin Yoast SEO. Langkah-langkah untuk mengatur meta tag pada wordpress dengan menggunakan plugin Yoast SEO adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama, Anda harus menginstal Plugin Yoast pada WordPress. Anda dapat melakukannya dengan cara menginstal dari dashboard WordPress, dengan cara manual ataupun dengan menggunakan FTP. Setelah diinstal, jangan lupa untuk mengaktifkan plugin Yoast SEO.

2. Setelah plugin Yoast SEO aktif, Kamu dapat menuju ke dashboard Yoast dan aktifkan potongan advanced setting pages dengan cara menekan tombol hingga tulisan menjadi ‘enable’

3. Pada bagian “Focus Keyword”, masukkan keyword yang Anda gunakan pada artikel atau konten Anda.

4. Selanjutnya kumpulan “edit snippet” untuk menambahkan meta tittle, Anda hendak dapat melihat preview pada hasil mesin pencari. Jangan lupa, keyword harus dimasukkan pada meta tittle. Bila Anda mengosongkan bagian ini, maka secara otomatis google akan menampilkan judul tulisan sebagai penggalan konten pada SERP.

5. Di bagian bertuliskan “meta description, ” masukkan meta description yang hendak digunakan. Yakni penggalan konten yang Anda harapkan hendak muncul pada halaman kinerja mesin pencari.