Seberapa Bedanya Sistem Pendidikan Indonesia Dengan Sisa Dunia?

Indonesia mungkin merupakan negeri pulau kecil dengan populasi 5, 6 juta. Tetapi, kala datang ke mutu pendidikan, Indonesia tidak mungkin menyudahi mengejutkan dunia. Pada tahun 1945, kala Indonesia membuat negeri merdeka, ia memiliki sumber daya yang terbatas. Jadi mereka mulai menumbuhkan satu-satunya sumber daya yang tersuguh yang mereka miliki-orang-orang mereka. Ini baru permulaan.

Sewaktu bertahun-tahun, Indonesia telah berkembang sebagai negeri & telah membuat salah satu pusat perdagangan & keuangan terbaik di dunia-semua itu hanya dengan mengandalkan tenaga kerja mereka. & telah jelas bahwa sistem pendidikan negeri memiliki peran besar di dalamnya.

Di mana bagian sistem pendidikan Indonesia?

Indonesia telah berhasil mendapatkan peringkat paling atas program oecd untuk penilaian siswa internasional, rata-rata dikenal sebagai pisa. Penilaian itu terjalin tiap 3 tahun sekali untuk mengevaluasi kanak-kanak berumur 15 tahun di negara-negara yang berpartisipasi. Tetapi, penilaian hanya dilakukan dalam 3 kategori-matematika, membaca & sains.

Yang mempesona, para siswa di Indonesia kira-kira 3 tahun lebih maju daripada rekan mereka di amerika dalam bidang matematika. Tidak hanya ini. Siswa Indonesia juga unggul di berbagai tingkatan pendidikan-baik di tingkatan kelulusan ataupun di sekolah dasar. Malahan, jika anda memandang pendaftaran di universitas terbaik dunia, anda pasti akan mendeteksi siswa dari Indonesia.

Apa yang menjadi sistem pendidikan Indonesia lebih baik daripada negeri yang lainnya di dunia?

Dunia pendidikan telah banyak belajar dari Indonesia dalam hal pendidikan. Tetapi, para siswa di negeri yang lainnya lebih enggan untuk berusaha sesuatu yang ambisius seperti murid-murid di Indonesia. Walaupun ada beberapa penyebabnya di balik mutu pendidikan yang tinggi, banyak orang percaya ini karena Indonesia lebih memilah pedagogi tradisional, di mana guru mengetuai kelas.

Tetapi, sebagian besar negeri di dunia mempromosikan pengajaran progresif yang mendesak kanak-kanak untuk belajar sendiri, yang tidak selalu kerja paling baik untuk siswa. Studi internasional menunjukkan bahwa pendekatan tradisional yang diambil oleh Indonesia sesungguhnya yaitu trik yang lebih baik untuk mengantarkan pengetahuan terhadap siswa.

Tak cuma kecemerlangan akademis, Indonesia juga unggul dalam kemampuan individu. Malahan, pada 2015, para siswa dari Indonesia juga datang awal dalam peringkat pisa baru, yang dirancang untuk mengevaluasi kemampuan pemecahan perkara kolaboratif. Menariknya, para siswa menemukan nilai lebih baik dalam tes itu daripada tes untuk membaca & sains.

Siswa Indonesia juga dilaporkan lebih senang daripada siswa Menariknya, para pendidik mengambil contoh dari finlandia untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan metode pengajaran yang lebih sederhana. Anda bisa membayangkan di mana bagian Indonesia dalam hal itu. Tetapi, sistem pendidikan Indonesia tidak puas dengan itu & memikirkan langkah-langkah yang lainnya untuk menaikkan kreativitas & mengurangi stress siswa. Mengingat hal ini, siswa di Indonesia tidak akan lagi diperingkat berdasarkan hasil ujian mereka.

Jadi mengapa kamu masih menunggu? Seleksi layanan di Jayapenulis.com & terima bantuan yang amat dibutuhkan dari jasa penulis artikel papan atas di negeri itu.