Carauntukmembuat.com – Kartu identitas atau id card adalah tanda pengenal yang banyak digunakan di sejumlah instansi. Tidak hanya pelengkap atribut bekerja, pada sejumlah event id card juga digunakan untuk menunjukkan apakah mereka bagian dari panitia atau audien. Panitia bidang acara atau bidang lainnya. Seiring dengan inovasi yang berkembang, id card tidak hanya berperan sebagai pengenal. Melainkan disulap sebagai atribut pelengkap dan kebanggaan. Dengan design yang apik, kamu bisa mendapatkan id card yang menarik.

Siapkan 7 Hal Ini Untuk Membuat Id Card

Dalam membuar id card ada beberapa alat yang perlu kamu siapkan. Setidaknya tujuh alat ini akan kamu temukan saat mencari tahu cara membuat id card. Apa saja tujuh hal tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Design

Untuk menghasilkan id card yang apik memang memiliki cara membuat id card tersendiri. Namun jika kamu ingin belajar membuatnya maka hal pertama yang harus kamu miliki adalah design. Baik desgn pada tali maupun pada kartunya. Jika kesulitan dalam membuat design maka kamu bisa mencari referensi melalui media daring.

Komputer

Untuk membuat design tentu kamu memerlukan komputer. Pakailah aplikasi yang mengolah vektor seperti Corel Draw dan Adobe Illustration. Sementara jika kamu hendak menambahkan foto kamu bisa memaksimalkan hasilnya dengan Adobe Photoshop.

Bahan PVC Dan Mesin Plong

Ada banyak cara membuat id card yang benar, namun pada eksekusinya bentuk akhir sangatlah mempengaruhi rapi atau tidaknya suatu id card. Setelah kamu selesai dengan designmu maka nantinya kamu akan mencetak. Namun bukan kertas yang akan kamu butuhkan melainkan PVC. Selain itu kamu juga membutuhkan mesin plong untuk memotong PVC agar finishingnya lebih rapi.

Printer

Berbeda dengan printer pada umumnya, printer untuk membuat id card memang khusus didesain untuk mencetak di atas bahan PVC. Biasanya printer inkjet bisa digunakan untuk membuat id card. Semakin tinggi resolusi dot per inch suatu printer, maka kualitas gambar yang dicetak pun akan semakin baik.

Laminasi

Setelah design kamu tercetak di atas PVC bukan berarti id card yang kamu buat sudah siap dipakai. Agar tintanya lebih baik menempel di atas kartu PVC yang sudah kamu potong maka langkah selanjutnya kamu harus melaminasinya. Hal ini dimaksudkan agar panas dari mesin laminasi mampu membuat PVC menempel dengan lebih baik.

Hole Maker

Setelah kartumu siap, langkah selanjutnya adalah membuat lubang agar id card bisa diselipkan ke dalam tali. Kamu bisa gunakan hole maker yang praktis untuk membuat lubang sesuai dengan yang kamu inginkan. Bisa berbentuk lingkaran maupun oval.

Tali Id Card

Langkah terakhir dari cara membuat id card adalah memasang tali. Fungsi tali agar id card bisa digantungkan atau dikalungkan di leher. Selain tidak mudah hilang, akan lebih mudah pula untuk dikenali.