Private Blog Network atau PBN adalah suatu kumpulan blog dengan domain kadaluarsa yang memiliki otoritas tinggi dan bisa dikelola dengan maksimal untuk menghasilkan backlink.  PBN sangat populer di kalangan pelaku digital marketing untuk meningkatkan SEO sebuah website.  Tak heran jika kini layanan jasa PBN sangat diminati, meski menawarkan harga yang cukup tinggi.

Demikian juga dengan penyedia jasa backlink, bisa anda gunakan sebagai alternatif jika ternyata tidak mampu mengelola sendiri PBN.  Biasanya penyedia jasa backlink dan pbn terintegrasi dalam satu paket usaha.

Tingkatkan Performa SEO Website Melalui Penggunaan PBN yang Benar

Manfaat Utama yang Didapatkan dari Penggunaan Jasa Backlink dan PBN

Meski memiliki domain yang kadaluarsa, PBN diibaratkan barang bekas yang masih memiliki manfaat besar di dalam dunia optimasi website.   Penyedia jasa PBN akan menawarkan website dengan niche yang sesuai dengan website anda.  Kesesuaian niche adalah salah satu upaya untuk menghindari sanksi dari Google.

Backlink yang dihasilkan dari PBN memang bisa dianggap sebagai kecurangan oleh Google.  Namun, biasanya penyedia jasa baclink dan PBN telah berpengalaman untuk mengantisipasi hal ini.  Maka dari itu, jangan ragu menggunakan jasa PBN jika memang menginginkan peningkatan performa SEO website secara optimal.

Konten artikel di dalam PBN akan mencantumkan backlink yang merujuk pada website utama Anda.  Hampir dapat dipastikan jika teknik PBN dilakukan dengan benar, website Anda akan tampil pada urutan pertama di hasil pencarian Google.  Dua syarat utama yang harus Anda pastikan saat menggunakan penyedia jasa backlink PBN adalah niche dan konten PBN yang mereka sediakan sejenis dengan website Anda.

Tingkatkan Performa SEO Website Melalui Penggunaan PBN yang Benar

Sebab, jika konten yang tercantum di dalam PBN terkesan asal-asalan.  Google akan mendeteksinya sebagai spam dan website tersebut akan dikenai sanksi.  Tindak tegas Google ini disebabkan oleh aktivitas tidak bertanggung jawab dari para peretas PBN.  Diskusi kemungkinan terburuk berupa sanksi dari Google ini kepada penyedia jasa agar Anda tidak rugi dan kehilangan manfaat yang sangat besar dari teknik penggunaan PBN.

Penggunaan PBN dalam optimasi SEO website dapat dilakukan bersamaan dengan dua cara lainnya.  Kedua cara ini digunakan untuk menyokong teknik PBN, yakni social media integration dan gues blogging.  Kedua metode ini adalah cara organik untuk meningkatkan SEO sehingga minim resiko, bahkan dapat dikatakan tanpa resiko.  Namun, hasilnya tentu lebih lambat dibanding teknik PBN.