wow-3-mainan-anak-playground-ini-punya-banyak-manfaat

Dunia anak adalah bermain. Bisa dibilang sepanjang waktu mereka hanya diisi dengan bermain, kecuali saat tidur. Untuk mendukung dunia mereka, saat ini banyak taman bermain atau mainan anak playground yang ramah anak bermunculan di tengah-tengah kota. Hal ini membuat anak semakin gembira akan kehadiran permainan yang menyenangkan.

Ada banyak permainan yang bisa dimainkan oleh anak di taman bermain, seperti perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit.

Tahukan anda, jika ketiga permainan tersebut memiliki manfaat bagi anak? Untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini:

  1. Perosotan

Anak bisa menikmati sensasi ketinggian, ia bisa merasakan bagaiaman tubuhnya melayang dari puncak perosotan dan meluncur ke bawah hingga akhirnya mendarat di ujung perosotan. Sebelum meluncur, anak harus menaiki proses naik tangga. Dari sinilah motorik kasar anak benar-benar teruji, termasuk juga bagaimana keseimbangan tubuhnya saat menapaki anak tangga.

Selain itu anak akan belajar rasa kepedulian. Misalnya bernogosiasi dengan teman kapan ia mendapatkan giliran, mengalah, dan sebagainya. Hal ini sangat bermainfaat untuk perkembangan sosialisasi dan perkembagangan kecerdasan.

  1. Ayunan

Ayunan adalah permainan terfavorit di playground anak. Permainan yang satu ini membuat anak merasakan kenikmatan tersediri saat tubuhnya terayun secara kencang atau pelan, tinggi atau rendah dari tempat berpijak. Dengan kehadiran permainan ini, sang anak akan belajar mengatisipasi bahaya dan memperkuat motirik kasar. Diantarnya kekuatan genggaman ia akan berpegangan pada rantai atau tali ayunan. Keseimbangan tangan dan kaki menjadi lebih baik sebab kedua gerakan dilakukan bersamaan.

Keberanian anak akan muncul jika berayun. Ia pun juga bisa berimajinasi layaknya ‘superman’ yang terbang di atas tanah. Mengingat permainan ini adalah permainan naik dan turun, anda sebagai orang tua harus mengajarkan anak untuk berhati-hati ketika ia sedang bermain.

  1. Jungkat-Jungkit

Yang terakhir adalah permainan jungkat-jungkit. Permainan ini setidaknya harus dimainkan oleh dua orang yang saling bekerja sama menggerakkan papan agar bisa naik dan turun. Untuk bisa mengontrol jungkat-jungkit, anak yang bermain harus mendorong kaki ke tanah agar jungkat-jungkit bisa naik dan menahan kaki saat turun agar tidak membentur permukaan tanah. Manfaat dari mainan anak playground ini yaitu melatih keseimbangan tubuh. Tak hanya itu, jungkat-jungkit juga bermanfaat untuk menanamkan rasa keberanian, dari keberanian yang baru dicoba akan menciptakan kebanggan tersendiri dari berhasilnya menaklukkan tantangan tersebut.

Mungkin cukup ketiga point ini dapat kami tuliskan disini. Tentu ada banyak hal lain dari kegiatan di playground yang bisa menunjang pertumbuhan anak. Maka dari itu sebagai orang tua sebaiknya kita tidak telalu protektif dan biarkan anak bereksplorasi ketika bermain, mengingat dunia anak adalah bermain. Yang paling penting yaitu selalu awasi dan menjamin keamanan serta keselamatan anak.